Suzuki tampaknya tengah gerah dengan kehadiran kompetitor baru Honda Verza dan Yamaha Byson yang mulai menggerus pasar Thunder 125 nya. Selama ini Suzuki hanya bermain menggunakan 2 jenis motor saja pada kelas sport yaitu Thunder 125 dan Inazuma 250. Untuk mengisi kekosongan, inilah saat yang tepat untuk Suzuki Indonesia masuk di kelas sport dengan kapasitas mesin 150cc.
Ada 2 referensi kandidat kuat Suzuki untuk masuk di kelas low-end dan berhadapan langsung dengan Verza dan Byson, referensi nya sebagai berikut :
Suzuki GS150R
Salah satu pilihannya adalah Suzuki GS150R, motor yang dikembangkan oleh Suzuki India ini menggunakan mesin berkapasitas 149cc SOHC 2 katup berpendingin udara dengan transmisi 5 kecepatan, mesin ini mampu menghasilkan power 14 Ps pada putaran mesin 8000 rpm sedikit di atas Byson yang hanya mampu menghasilkan power 13,5 Ps pada 7500 rpm. Motor ini juga digadang akan menggantikan Thunder 125 mengingat desain GS150R lebih fresh dan macho.
Suzuki EN150
Pilihan lainnya adalah Suzuki EN150 produk hasil kerja sama antara Suzuki China dengan pabrikan lokal Houjue, jangan beranggapan jika motor yang dibuat di Cina selalu memiliki kualitas kurang bagus, karena pihak Suzuki menjamin dan menerapkan standart kualitasnya sama dengan motor Suzuki di negara lain.
Yang menjadikan motor ini pantas di adu dengan Versza adalah kemiripan spesifikasi teknologi EN150 yang digunakan, menggunakan mesin 1 Silinder 4 Tak SOHC 2 katup dengan pendingin udara, sedangkan pasokan bahan bakar menggunakan Injeksi berteknologi DCP Fi terbaru dari Suzuki.
Yang menjadi pertanyaan adalah, mampukah produk Suzuki tersebut bertarung dengan motor low entry sport yang sudah lebih dulu ada di pasaran ? Bila Suzuki ingin lebih serius minimal akhir tahun ini mereka harus sudah lanching produk, sebelum para pesaing meng upgrade produk dan makin jauh untuk di kejar. Yah kita tunggu saja ke seriusan Suzuki bermain di kelas 150cc.
(YS)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar