Tips Menghilankan Jerawat


Cara menghilangkan jerawat secara alami, tradisional yang efektif yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar kita. Jerawat memang menjadi "sesuatu" tersendiri bagi sebagian orang, bahkan banyak yang rela menghabiskan jutaan rupiah cuma untuk menghilangkan jerawat di wajah. Sebenernya  jika kita lebih jeli, banyak bahan-bahan tradisional yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati jerawat.

Penyebab jerawat itu sendiri bisa berasal dari berbagai faktor, mulai dari faktor internal sampai faktor eksternal tubuh kita sendiri. Secara alami, tubuh kita menghasilkan minyak untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Namun jika tubuh menghasilkan minyak berlebih, maka yang terjadi adalah jerawat mudah tumbuh pada kulit berminyak. Berikut beberapa tips menghilangkan jerawat :
  • Hindari Makanan Berlemak
Hindari makanan kaya lemak seperti, kacang-kacangan, yoghurt, coklat, dan makanan berlemak lainya. Makanan yang mengandung banyak lemak jika dikonsumsi berlebihan akan menjadikan tubuh memproduksi minyak berlebih.

  •  Konsumsi Makanan Berserat
Makanan yang mengandung banyak serat baik itu buah-buahan maupun sayuran akan membantu tubuh melarutkan lemak jahat pada tubuh. Sehingga kadar minyak berlebih yang dihasilkan tubuh pun berkurang, tentu saja minyak pada kulit pun berkurang.
  • Minumlah Lebih Banyak Air Putih
Air putih sangat baik untuk kulit dan kesehatan tubuh. Air putih membantu menjaga metabolisme tubuh dan yang terpenting membantu proses regenerasi sel kulit. Dengan meminum lebih banyak air putih, akan membersihkan kotoran dalam tubuh yang bisa menyebabkan jerawat.

  • Tidur Cukup dan Teratur
Kulit sama halnya dengan anda yang membutuhkan istirahat yang cukup. Dengan tidur cukup dan teratur akan membantu kulit untuk beregenerasi dan membuang racun berbahaya dalam tubuh.

  • Rajin Membersihkan Wajah
Tidak dipungkiri bahwa jerawat muncul karena wajah yang kotor, oleh sebab itu jangan malas untuk membersihkan wajah dan riasan sebelum tidur. Namun jangan terlalu sering mencuci wajah, sebab akan memicu kulit untuk merangsang kelenjar sebaceous untuk menghasilkan sebum yang dapat meningkatkan jumlah jerawat.
  •  Jangan Menyentuh Jerawat
Usahakan agar anda tidak menyentuh atau memencet jerawat, terlebih lagi jika dengan tangan kotor. Sebab akan meningkatkan produksi sebum dan memecah selaput bagian bawah kulit dan menyebabkan infeksi yang dapat menimbulkan jerawat yang berlebih.
  •  Jeruk Nipis
Jeruk nipis memiliki kandungan citric acid yang dapat memindahkan sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan jerawat. Caranya mudah hanya dengan mencampur perasan jeruk nipis dengan sedikit air mawar lalu dioleskan pada permukaan wajah, diamkan selama 10 hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.
  • Putih Telur
Putih telur terbukti dapat menyerap minyak yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Caranya juga sangat mudah, hanya dengan mengocok lepas putih telur hingga berbusa, lalu oleskan pada permukaan wajah, lakukan seperti menggunakan masker, diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.
  • Bawang Putih
Meski bau dari bawang putih cukup menyengat, namun cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat dengan bawang putih terbukti efektif. Caranya juga sangat mudah, hanya dengan menumbuk hingga halus dan dioleskan di sekitar jerawat atau dengan mengkonsumsi satu atau lebih bawang putih setiap hari.



Itu adalah tips menghilangkan jerawat.Anda bisa mencobanya dan mana yang paling efektif untuk kulit anda...bisa sharing di blog komentar ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar