Apa Itu Bayi Tabung ?

Bayi tabung adalah sebuah teknologi kedokteran yang digunakan untuk membuahi sel telur wanita (ovum) di mana proses pembuahan tersebut terjadi di luar tubuh. Program bayi tabung adalah cara lain untuk mengatasi masalah pasutri yang kesulitan mendapatkan keturunan, biasanya ini terjadi pada pasangan yang mengalami kebuntuan pada saluran telur pada wanita atau kurang produktifnya sperma pada pria. Metode tersebut di lakukan dengan jalan memasukkan sel telur yang sudah di buahi oleh sperma kedalam rahim calon ibu.

Beberapa tahapan biasanya harus dilakukan pasutri selama menjalani proses bayi tabung, proses pertama istri mendapatkan obat untuk memicu dan mempercepat ovulasi, proses ini akan terus di pantau dokter setiap hari dengan pemeriksaan darah dan ultrasonografi. Proses selanjutnya sel telur yang subur di keluarkan kemudian sel tersebut di buahi dengan sel sperma paling subur dari suami, proses pembuahan ini di lakukan di dalam laboratorium.

Sel telur yang sudah dibuahi di masukkan ke dalam tabung petri, kemudian di simpan dalam lemari pengeraman. Pemantauan di lakukan sekitar 20 jam dari proses pembuahan, hari berikutnya di harapkan terjadi pembuahan dengan baik dan menghasilkan embrio.

Berikutnya, embrio yang sudah berada dalam tingkat pembelahan sel ini dimasukkan ke dalam rahim istri. Pada periode ini hasilnya ditunggu hingga kurang lebih 14 hari. Jika tidak terjadi menstruasi, akan dilakukan pemeriksaan air kemih untuk memastikan terjadinya kehamilan. Seminggu kemudian kehamilan akan dipastikan dengan pemeriksaan ultrasonografi.

Demikian penjelasan singkat tentang apa itu bayi tabung ? semoga dapat menambah pengetahuan Anda tentang teknologi kedokteran. (YS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar