Resep Masakan Manado Sayur Sambiki

Resep Masakan Manado Sayur Sambiki. Bagi Anda penggemar masakan pedas dan kepala kakap, resep masakan Manado yang satu ini dapat menjadi referensi dan sensasi baru cara menikmati kepala kakap selain di masak gulai. Di jamin untuk masakan yang satu ini jauh dari kata amis, dengan perpaduan labu kuning dan daun kemangi menjadikannya masakan harum beraroma. Untuk memunculkan aroma gurih kepala ikan nya sebelum di masak kepala kakap terlebih dahulu di bakar atau di panggang hingga mengeluarkan aroma gurih.
Sudah tidak sabar untuk mencicipinya yuk kita siapkan bumbu dan bahannya.

Bahan:
2 potong Kepala ikan Kakap atau Gabus segar
1200 gram Labu Kuning
Resep Masakan Manado Sayur Sambiki1500 ml Santan, dari 1/2 butir kelapa
2 lembar Daun Pandan, ikat menjadi simpul
1 lembar Daun Kunyit
9 lembar Daun Jeruk
3 batang Serai, geprek bagian bonggolnya
50 gram Daun Kemangi

Bumbu yang dihaluskan:
- 10 buah Cabai Merah
20 buah Cabai Rawit
4 siung Bawang Putih
10 butir Bawang Merah
4 cm Jahe
2 Sdt Garam


Cara membuat Sayur Sambiki Manado:
  1. Cuci kepala ikan sampai bersih, kemudian panggang di atas api hingga permukaan luarnya kering dan mengeluarkan aroma harum panggangan kemudian sisihkan.
  2. Kupas kulit labu, kemudian potong menjadi kotak-kotak dengan ukuran kira-kira 2 x 2 cm, sisihkan.
  3. Campur kan bumbu halus dengan santan di dalam panci, panaskan di atas api, kemudian masukkan daun jeruk, serai, daun pandan, dan daun kunyit.
  4. Terus aduk pelan pelan santan supaya tidak pecah. Setelah santan mendidih, masukkan kepala ikan panggang. Masak kurang lebih selama 6 menit.
  5. Masukkan potongan labu, masak hingga labu matang dan santan mulai berminyak, masukkan daun kemangi aduk sebentar hingga sedikit layu. Angkat.
  6. Sayur Sambiki siap di hidangkan dapat dinikmati untuk 8 orang.
Tips untuk resep masakan ini adalah jangan terlalu lama memasak labu nya supaya tidak hancur, dan bila suka anda dapat mengganti sebagian labu dengan rebung yang di iris tipis-tipis. Anda juga bisa mengganti kepala kakap dengan kepala ikan gabus, untuk keluarga yang tidak suka kepala ikan tentu saja Anda bisa menambahkan daging ikan sebagai ganti kepala. Selamat mencoba dan berkreasi. (YS)

Anda juga dapat mencoba Resep masakan Manado lainnya di Pawarta.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar