Kuliner Malam di Jogja, Sate Karang Pak Prapto Kotagede


Kotagede identik dengan kerajinan perak. Tapi sebenarnya, kerajinan perak bukanlah satu-satunya daya tarik Kota Tua ini. Bagi para pecinta wisata kuliner, di Kotagede terdapat beberapa tempat makan yang dapat mereka kunjungi. Salah satunya adalah Sate Karang Pak Prapto Kotagede. Mungkin banyak orang yang mengira bahwa Sate Karang adalah Sate Kerang, tapi terjadi kesalahan pada penulisan. Padahal sebenarnya, Karang adalah nama dari lokasi warung sate tersebut, yaitu di Lapangan Karang, Kotagede. Seperti kebanyakan warung sate lainnya yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya, warung sate ini berupa warung tenda, dan buka pada sore hari, atau lebih tepatnya mulai saat Magrib.



Sate yang dijual di warung sate ini adalah sate sapi. Tapi, penyajiannya sangat berbeda dengan penyajian sate sapi pada umumnya. Di Warung Sate Karang Pak Prapto Kotagede ini, sate sapi disajikan dengan diberi bumbu kecap dan bumbu kocor. Dan saat disajikan, sate sapi ini dihidangkan bersama lontong dan kuah lodeh dengan irisan tempe bosok. Mungkin ini terlihat seperti kombinasi yang aneh, terutama bagi mereka yang baru pertama kali datang ke warung sate sapi ini. Tapi yang jelas, warung sate sapi ini terkenal bukan tanpa sebab. Dan tentunya, sebabnya adalah rasa sate sapi nya yang sangat enak, yang pasti akan membuat ketagihan.

Sate Karang Pak Prapto Kotagede adalah salah satu tempat makan yang legendaris di sekitar kota Yogyakarta. Warung sate sapi ini dirintis pada tahun 1948 oleh Pak Karyo Semito. Awalnya, Pak Karyo Semito berjualan sate dengan berkeliling. Kemudian, sejak tahun 1955, beliau mulai berjualan di Lapangan Karang. Sekarang tentu saja warung sate sapi ini sudah tidak dijalankan oleh Pak Karyo Semito. Warung sate sapi ini sekarang dijalankan oleh Pak Prapto, anaknya. Selain Pak Prapto, anak Pak Karyo Semito yang lain yang bernama Pak Cipto juga berjualan sate sapi, tapi di tempat yang berbeda, yaitu di Jalan Kemasan Kotagede.

Dari segi harga, mungkin memang sate sapi yang dijual di Sate Karang Pak Prapto Kotagede tidak terlalu murah. Seporsi sate sapi beserta lontong dan kuah lodeh dijual dengan harga Rp. 20.000,-. Tapi, rasa sate sapi yang dijual di warung sate ini sebanding dengan harganya, dan siapapun yang mencobanya tidak akan merasa kecewa. Sate Karang Pak Prapto Kotagede terkenal hingga ke luar kota. Jadi, tidak heran jika pada musim liburan banyak wisatawan yang berkunjung ke warung sate sapi ini. Padahal, lokasi warung sate sapi ini tidak mudah untuk ditemukan, terutama oleh mereka yang bukan penduduk asli Yogyakarta. Tapi, sepertinya tempat yang tersembunyi bukanlah halangan bagi para penggemar wisata kuliner sejati. Buktinya, tempat-tempat makan yang tersembunyi pun selalu bisa mereka temukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar