Penyebab Keputihan Pada Wanita


Keputihan merupakan hal yang klasik alias umum yang terjadi pada wanita. Namun mungkin ada bebarapa orang yang belum mengetahui apa sih peyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Keputihan yang dalam bahasa kedokteran disebut fluor albus, tidak selalu berarti suatu penyakit, jika hanya muncul pada masa-masa tertentu dan tidak terus menerus. Disebut keputihan karena dari vagina keluar cairan yang berlebihan tapi bukan darah dan biasanya sangat mengganggu. Berikut beberapa penyebab keputihan pada wanita:
  •     Keputihan yang disebabkan infeksi Jamur (Kandidosis vulvovaginalis)
    Keputihan berwarna putih kekuningan berupa gumpalan-gumpalan seperti kepala susu. Terasa sangat gatal, panas dan menyebabkan nyeri setelah berkemih dan nyeri saat berhubungan seksual.
    
  •     Keputihan yang disebabkan infeksi Parasit (Trikomoniasis)
    Keputihan berwarna kuning kehijauan, bentuknya kental, berbau tidak enak dan berbusa. Keluhan lain yang dapat menyertai adalah adanya rasa nyeri saat berhubungan seksual, perdarahan setelah berhubungan seksual dan perdarahan di luar siklus menstruasi.
    
  •     Keputihan yang disebabkan infeksi bakteri (Bakterial vaginosis)
    Keputihan berwarna keabu-abuan, bentuknya agak encer, berbau amis dan jarang berbusa. Bau amis lebih menusuk setelah berhubungan seksual dan menyebabkan darah menstruasi berbau tidak normal. Keluhan lain yang dapat menyertai adalah rasa gatal dan terbakar pada daerah kemaluan.
    
  •     Pertanda Kanker
    Keputihan berwarna kecoklatan, terdapat bercak darah dan berbau busuk. Keputihan dapat berlangsung dalam waktu lama, tidak respon terhadap pengobatan apapun dan dapat disertai rasa nyeri saat berhubungan seksual.
    
  •     Vaginitis karena Alergi/Iritasi Bahan Kimia (krim, cairan, bahan semprot, wewangian)
    Keputihan akan menjadi lebih banyak, berwarna kuning keputihan, dapat encer atau kental. Keluhan yang dapat menyertai adalah rasa gatal, terbakar, nyeri dan kemerahan pada daerah kemaluan.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari penyebab Keputihan tersebut dan hal ini bisa dilakukan dengan bantuan dokter. Selain mengetahui Penyebab Keputihan, menjaga kebersihan organ intim adalah hal mutlak yang harus dilakukan agar terbebas dari derita keputihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar