Spesifikasi CBR400R menggunakan mesin berkapasitas 400cc 2 Silinder sebaris DOHC 16 Katup, water-cooled, CBR400R di klaim mampu memuntahkan tenaga sebesar 46 hp pada 9500 rpm dengan torsi maksimal hingga 37,26 Nm pada putaran mesin 7500 rpm. Basis mesin motor ini sebenarnya masih sama dengan kakaknya yaitu CBR500R, hanya saja stroke atau langkah torak sedikit di bonsai sehingga kapasitas mesin nya menyusut menjadi 399cc.
Dengan reduksi kapasitas mesin dan menggunakan sistem bahan bakar electronically controlled fuel injection system (PGM-FI) motor ini di patok hanya menghabiskan bahan bakar 1 liter/ 39 km nya dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam.
Sportbike CBR400R di desain untuk memenuhi permintaan pasar di kelas 400cc dan untuk mereduksi pajak kendaraan sehingga harganya semakin terjangkau untuk beberapa negara Asia termasuk Indonesia.
Sportbike ini menggunakan konsol speedometer yang sama dengan CBR500, dengan jenis full LCD Anda dapat melihat informasi bahan bakar, kecepatan, jam dan konsumsi rata-rata bahan bakar yang Anda gunakan tiap kilo meternya.
Menggunakan frame tipe Diamond khas Honda, dibekali dengan suspensi teleskopik di depan dan pro-link monoshock di belakang. Dengan berat total 192 kg.
Untuk sistem anti maling motor ini menggunakan teknologi H · I · S · S (Honda Ignition Security System), motor ini tidak dapat dinyalakan apabila tidak menggunakan kunci original bawaan pabrik.
Harga Honda CBR400R, diluncurkan pertama kali di Jepang, CBR400R di hargai ¥ 669.900 atau bila di rupiahkan setara dengan Rp 66 juta, sedangkan untuk varian non-ABS, dibanderol ¥ 750.750 setara denagn Rp 74 juta.
Bagaimana dengan Indonesia ? sepertinya Honda Indonesia masih mengkaji ulang untuk memboyongnya atau mungkin ini bisa menjadi salah satu senjata Honda di saat Yamaha dan Kawazaki sedang menggarap moge mereka. Bila Anda tidak sabar menungganginya saat ini Importir merupakan salah satu pilihan.(YS)
Engine type
|
NC47E
|
Engine Type
|
Two-cylinder water-cooled 4-stroke DOHC4 valve
series
|
Total displacement (cm 3 )
|
399
|
Inner diameter × stroke (mm)
|
67.0 × 56.6
|
Compression ratio
|
11.0
|
Maximum output (kW [PS] / rpm)
|
34 [46] / 9,500
|
Maximum torque (N · m [kgf · m] / rpm)
|
37 [3.8] / 7,500
|
Fuel supply device format
|
Electronic <electronically controlled fuel
injection system (PGM-FI)>
|
Starting method
|
Self-service
|
Fuel consumption rate (km / L)
|
39.7 (60km / h fixed area traveling test value)
|
Fuel tank capacity (L)
|
Fifteen
|
Clutch type
|
Type coil spring wet multi-plate
|
Transmission format
|
-Mesh 6-speed return at all times
|
Tire (front)
|
120/70ZR17M/C (58W)
|
Tire (rear)
|
160/60ZR17M/C (69W)
|
Brake type (front)
|
Hydraulic disc
|
Brake (rear)
|
Hydraulic disc
|
Suspension (front)
|
Telescopic
|
Suspension (rear)
|
Swing arm (Pro-Link)
|
Frame format
|
Diamond
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar