Angkringan Lik Man



Di Yogyakarta ada banyak sekali warung makan tenda yang sangat sederhana, yang dikenal dengan istilah “angkringan.” Biasanya, di angkringan, menu yang tersedia adalah nasi kucing (nasi bungkus kecil dengan sedikit lauk), berbagai macam minuman baik panas atau dingin, dan berbagai macam gorengan. Tapi jika Anda ingin menikmati hidangan angkringan yang spesial, sebaiknya Anda berkunjung ke Angkringan Lik Man. Angkringan yang satu ini memang berbeda dengan ratusan angkringan lainnya yang ada di Yogyakarta. Bahkan, bisa dibilang angkringan yang letaknya di dekat Stasiun Tugu ini adalah angkringan yang paling terkenal, karena sudah beberapa kali diliput di televisi, dan dibahas di beberapa koran serta majalah.

Yang membuat Angkringan Lik Man terkenal adalah Kopi Joss nya. Memang, kopi ini berbeda dengan kopi yang disajikan oleh angkringan-angkringan lainnya di Yogyakarta. Sebenarnya bahan untuk membuat Kopi Joss adalah kopi biasa. Tapi, yang berbeda adalah campurannya. Saat kopi sudah dibuat dan akan disajikan kepada pembeli, sebongkah arang yang masih panas membara dimasukkan ke dalamnya. Konon, kata “joss” dari nama Kopi Joss berasal dari suara saat arang yang masih membara tersebut masuk ke dalam kopi. Karena di dalam Kopi Joss terdapat bongkahan arang yang masih panas, kopi ini menjadi lebih awet panasnya. Selain itu, entah kenapa rasa kopinya juga menjadi lebih nikmat.

Mungkin mencampurkan arang yang masih membara ke dalam segelas kopi terdengar berbahaya dan kurang sehat. Tapi ternyata, ada satu penelitian yang menunjukkan bahwa pencampuran arang yang masih membara tadi justru berdampak positif. Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa kadar kafein kopi ternetralisir oleh arang. Jadi, kopi yang unik ini justru lebih sehat daripada kopi biasa karena kadar kafeinnya lebih rendah. Walaupun memang, sebenarnya tidak banyak orang yang gemar makan dan nongkrong di angkringan yang memperdulikan kadar kafein pada kopi yang mereka minum. Tapi yang jelas, Kopi Joss Angkringan Lik Man sangat menarik untuk dicoba, dan tentunya tidak berbahaya.

Selain menu Kopi Joss nya, sebenarnya Angkringan Lik Man menyajikan menu yang kurang lebih sama dengan angkringan-angkringan lainnya. Hanya saja, memang karena angkringan yang satu ini sangat terkenal, pengunjungnya sangat banyak. Jika kita melewati jalan yang letaknya di sebelah utara Stasiun Tugu dimana angkringan ini berada, kita bisa melihat betapa panjangnya tikar yang digelar di trotoar untuk para pelanggan. Angkringan Lik Man memang tempat yang sangat cocok untuk bersantai sembari mengobrol.

Beraneka ragam makanan dan minuman yang tersedia di angkringan ini harganya murah, sama seperti angkringan-angkringan lainnya di Yogyakarta. Para pengunjung angkringan ini berasal dari berbagai kalangan dan profesi. Ada yang mahasiswa, wartawan, blogger, karyawan, seniman, dan sebagainya. Dan seringkali, ada wisatawan yang datang kesana, hanya karena penasaran dengan Kopi Joss nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar