Kesan motor sport turing langsung kental terlihat pada Yamaha V-Max, dengan menggabungkan antara konsep kekar berotot dan futuristik. Kekar dengan desain dan mesin yang bongsor, futuristik dan canggih karena Yamaha menanam hampir semua teknologi terbarunya pada V-Max.
Mesin
Untuk mendapatkan tenaga yang besar Yamaha menggunkan mesin terbaru mereka, yaitu mesin berkapasitas 1679cc, DOHC 16 Katup dengan konvigurasi V 65 derajat 4 silinder berpendingin air. Benar benar mesin yang besar, untuk meningkatkan ketangguhannya mesin ini sudah menggunakan piston jenis forged dan katup baja campuran untuk menahan kompresi mesin sebesar 11.3:1, mesin tersebut mampu menghasilkan Tenaga maksimum mencapai 174hp.
Chasis
Yamaha V-Max menggunakan rangka ringan, berbahan aluminium cor untuk rangka utama dan swing arm. Dengan penggunaan bahan aluminium cor ini membuat rangka lebih kaku sehingga motor lebih stabil saat menikung ataupun ketika terjadi hentakan mesin saat melakukan perpindahan gigi atau saat motor berakselerasi.Untuk sistem rem depan menggunakan cakram ganda berdiameter 320mm dan diapit oleh kaliper 6 piston. Sementara untuk rem belakang menggunakan cakram bergelombang diameter 298mm dan diapit kaliper piston tunggal, semua kinerja rem sudah menggunakan teknologi ABS (Anti-Lock Brake System).
Sistem piranti peredam kejut atau meredam goncangan depan menggunakan teleskopik berdiamater 52mm untuk menahan besarnya beban motor. Sedangkan untuk bagian belakang belakang menggunakan tipe monosok dengan fitur kompresi dan dapat diatur tingkat kekerasannya dengan mudah.
Harga New Yamaha V-Max ini masih belum pasti akan di bandrol berapa oleh YIMM, tapi kalau kita intip harga di Eropa motor ini se harga kisaran Rp 178.5 juta rupiah. Anda sudah siap memboyongnya pulang? (YS)
Engine
|
|
Engine type
|
V-type 4-cylinder,
liquid-cooled, 4-stroke, DOHC, 4-valves
|
Displacement
|
1,679cc
|
Bore x stroke
|
90.0 mm x 66.0 mm
|
Compression ratio
|
11.3 : 1
|
Maximum power
|
147.2 kW (200PS) @
9,000 rpm
|
Maximum torque
|
166.8 Nm (17.0 kg-m)
@ 6,500 rpm
|
Lubrication system
|
Wet sump
|
Fuel system
|
Electronic Fuel
Injection
|
Clutch type
|
Wet, Multiple-disc
diaphragm spring
|
Ignition system
|
TCI
|
Starter system
|
Electric
|
Transmission system
|
Constant Mesh,
5-speed
|
Final transmission
|
Shaft
|
Chassis
|
|
Frame
|
Aluminium, Diamond
Shaped
|
Front suspension system
|
Telescopic forks, Ø
52 mm
|
Front travel
|
120 mm
|
Caster angle
|
31º
|
Trail
|
148 mm
|
Rear suspension system
|
Swingarm, (link
suspension)
|
Rear travel
|
110 mm
|
Front brake
|
Hydraulic dual disc,
Ø 320 mm
|
Rear brake
|
Single Disc, Ø 298
mm
|
Front tyre
|
120/70 R18M/C (59V)
|
Rear tyre
|
200/50 R18M/C (76V)
|
Wet weight (including full oil and fuel tank)
|
310 kg
|
Fuel tank capacity
|
15 litres
|
Oil tank capacity
|
5.9 litres
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar