Resep Empal Gepuk Goreng Empuk ala Resto Sunda

Resep empal gepuk daging merupakan salah satu masakan olahan daging khas sunda, mempunyai rasa manis gurih dan yang pasti rasanya bikin kangen. Resep empal gepuk goreng biasanya menggunakan bahan daging sapi yang banyak mengandung serat, salah satu bagian sapi yang dagingnya sering digunakan adalah bagian paha.

Daging tersebut diolah sedemikian rupa sehingga menjadi empuk dan enak, teknik pengempukan dagingnya diolah dengan cara di pukul pukul atau dalam bahasa sunda di gepuk hingga daging menjadi pipih/gepeng dan seratnya menjadi lunak sebelum nantinya di goreng dalam minyak panas. Dari cara memasaknya itulah masakan khas sunda ini dinamakan daging gepuk goreng, atau daging tumbuk. Sedangkan nama empal di dapat dari nama bumbu yang digunakan untuk merebus daging sapi sebelum di tumbuk dan akhirnya di goreng, bahan-bahan bumbu daging tersebut oleh orang sunda di sebut sebagai bumbu empal.

Untuk Anda yang berada di luar Jawa barat memang sedikit sudah menemukan menu masakan sunda yang satu ini, dan hanya bisa kita temukan di restoran dan resto Sunda. Bagi ibu-ibu atau Anda yang penasaran dengan rasanya, bagaimana jika Anda coba sendiri membuat nya di rumah sebagai salah satu menu keluarga. Bisa juga dimenjadi salah satu menu jamuan tamu di saat perayaan Lebaran atau hari istimewa lainnya. Empal sangat cocok dimakan bersama aneka sambal dan nasi putih, di temani dengan sayur asem atau tumisan. Kebetulan pawarta.com mempunyai resep cara membuat empal daging gepuk ini, jika Anda tertarik membuatnya silahkan siapkan bumbunya dan simak langkah cara membuatnya berikut ini...

Bumbu dan bahan :
  1. Daging sapi sebanyak 1 kg 
  2. Bawang putih 6 siung, haluskan 
  3. Lengkuas yang di tumbuk/giling kasar sebanyak 250 gram 
  4. 500 ml santan kental yang di ambil dari 1 butir kelapa 
  5. Gula merah 50 gram 
  6. Gula pasir 100 gram 
  7. Asam jawa yang sudah di buang bijinya sebanyak 1 Sdm 
  8. 0,5 liter minyak goreng, untuk menggoreng daging 
  9. 1,5 liter air, untuk merebus 

Langkah cara membuat empal daging
  1. Cuci daging hingga bersih kemudian tiriskan, didihkan air di dalam panci, kemudian rebus daging hingga stengah matang, Angkat dan tiriskan.
  2. Potong-potong daging menjadi lembaran kira-kira dengan ketebalan 0,5 cm, kemudian gepuk atau pukul-pukul daging dengan pemukul daging hingga pipih. Jika tidak punya pemukul daging bisa gunakan cobek batu sebagai alas dan muntu/ulekan sebagai pemukulnya. 
  3. Cara membuat bumbu empal, Panaskan santan bersama dengan ½ gelas air kaldu rebusan daging tadi, kemudian masukkan semua bumbu-bumbu empal gepuk yang tadi sudah kita siapkan, aduk-aduk tunggu hingga bumbu tercampur rata dan santan mendidih. 
  4. Kemudian masukkan daging yang sudah digepuk ke dalam bumbu santan, aduk masak hingga bumbu santan susut dan kering (jangan samapi gosong ya).
  5. Panaskan minyak dengan api sedang, tunggu hingga benar-panas kemudian goreng daging empal hingga berwarna kuning kecoklatan, Angkat dan tiriskan.
Mudah bukan cara membuatnya, empal daging ini nikmat di sajikan bersama nasi uduk hangat dan sambal dengan sedikit taburan bawang goreng di atasnya. Selamat mencoba, semoga Anda dan keluarga menyukainya. (YS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar