Spesifikasi dan Harga Acer Liquid Z2 Duo

Acer Liquid Z2 Duo dirancang untuk pengguna baru (entry level). Harga yang terjangkau plus dukungan jaringan Dual Sim, menjadi beberapa daya tarik utamanya. Pada edisi Ialu, kami sempat mereview sebuah HP buatan Acer berseri Acer seri Liquid C1. ltu salah satu bukti eksistensi merek yang terkenal dengan produk komputernya untuk menawarkan produk smartphonenya ke masyarakat pecinta gadget. Kali ini, Acer kembali menawarkan satu lagi smartphonenya. Seri yang ditawarkan adalah Liquid Z2 Duo Z120. Target pengguna yang dibidik vendornya adalah kelas menengah ke bawah, khususnya pengguna HP Android pemula. Pasalnya harga Acer Liquid Z2 Duo yang ditawarkan berada di kisaran sejutaan.



Harga memang murah. Tapi urusan teknologi, nanti dulu. Belum tentu teknologinya serta merta murahan sebagaimana harganya. Berdasarkan spesifikasi yang ada, sebut saja teknologi jaringan dual on adalah salah satu kecanggihan yang dimiliki perangkat selular ini. Jika ingin tahu lebih banyak apa saja keunggulan HP pintar berharga murah ini, mari kita ulas spesifikasi Acer Liquid Z2 Duo yang lebih detilnya sebagai berikut...

Desain Bodi
Bagian tampilan menjadi titik awal dalam ulasan Acer Liquid Z2 Duo Z120. Segi eksterior HP ini dihiasi bazel yang cukup tebal. Setiap Iekukan body Acer Liquid Z2 Duo Z120, dibuat begitu ergonomis dengan finishing akhir yang rapi. Keadaan tersebut membuat HP yang penampilannya sekilas tidak berbeda banyak dengan HP Android pada umumnya, nampak Iebih menawan dan berkelas serta terkesan mewah. HP ini sendiri tampil dalam 2 warna yakni hitam dan hitam-putih.

Keseluruhan materialnya menggunakan plastik glossy, hal ini memberi kesan HP ini tidak nyaman saat digenggam karena Iicin. Namun hal tersebut tidak terbukti. Pasalnya Liquid Z2 Duo punya bodi yang terbilang mungil, sehingga user tetap bisa menggenggam HP ini dengan mantab, tanpa perlu khawatir tergelincir dari genggaman telapak tangan. Bodi yang kecil juga membuat HP pintar ini tidak mengganggu mobilitas penggunanya, walau di letakan dalam saku celana yang sempit. Secara  keseluruhan produk anyar ini punya total dimensi 110 x 62,5 x 12,25 mm dengan bobot 110 gram.

Masih mengulas segi desain Liquid Z2 Duo. Seperti kebanyakan handphone Android lainnya, tampak muka pabrikan Acer ini didominasi touchscreen. Bodinya yang mungil berpengaruh pada ukuran Iayar Z2 Duo yang terkesan tanggung, yakni 3,5". Seandainya Iayar tersebut menyentuh angka 4 inci, akan lebih mantab rasanya. Tingkat resolusi iayar standar HP entry level yakni 320 x 480 pixel yang menghasiikan density 165 ppi.

Tepat di bawah layar terdapat 3 buah fungsi touchpad, yakni touchpad menu back, home, dan system setting. Di sisi kiri ada tombol pengatur volume vertikal. Sementara di sisi kanan dibiarkan kosong. Letak audio port 3,5 mm berada pada sisi atas, bersebelahan dengan tombol on/off yang juga berperan sebagai tombol pengunci layar. Untuk kebutuhan  perpindahan data dan charging tersedia microUSB di bagian bawah bodi.

Mari kita perhatikan bagian belakang bodi. Di belakang, ada sensor kamera 5MP autofocus yang tidak didampingi lampu flash. Tepat di bawahnya, ada speaker membulat yang sudah mengusung teknologi SRS Sound. 22  Duo tidak mengusung Hotswap, penempatan slot SIM 1/2 dan microSD berada di balik baterai.



Fitur
Dengan tambahan kata ”Duo", produk Acer ini memiliki kemampuan dual SIM. Keputusan menggunakan jaringan kartu ganda terbilang baik, karena konsumen pemula di Tanah Air memang senang dengan HP berteknologi 2 kartu. Jaringan dua kartu di hape ini bisa 'ON' bersamaan tanpa saling menganggu.

Layaknya smartphone masa kini, kelengkapan menu multimedia sangat diperhatikan pihak Acer. Kamera menjadi menu multimedia pertama yang coba dikulik kelengkapan performanya. Agar user semakin eksis dengan aksi narsisnya atau sekedar menyalurkan hobi fotografi, gadget ini sudah dipersenjatai kamera dengan sensor lensa 5 MP. Saat diuji mengabadikan gambar, respon kamera begitu gesit, tidak lebih dari 1 detik foto sudah terekam. Berbicara kualitas gambar tergolong memuaskan. Namun ada sedikit kekurangan di menu kamera, yakni ketiadaan lampu flash sehingga tidak disarankan mengambil foto dalam kondisi minim cahaya.

Masih berhubungan dengan menu imaging, kamera di handphone ini tentu saja  bisa digunakan untuk merekam gambar bergerak. Saat merekam video, gambar yang dihasilkan begitu standar. Kualitas audio powerfull, plus tingkat noise yang minim, MP3 player di HP ini Iayak di coba. Performa audio Liquid Z2 Duo Z120 ini, dapat dioptimalkan dengan fitur SRS Sound. Saat di uji, audio tidak sekedar kencang tapi juga empuk didengar. Tingkat noise yang minim di telinga tetap nyaman, walau mendengar Iagu tanpa bantuan headset.

Untuk melengkapi menu audio, Acer Liquid Z2 Duo 2120 sudah dibenamkan menu radio FM yang bisa sekalian merekam siaran. Untuk menyimpan stasiun radio favorit, hanya tinggal tekan tombol bintang hingga berwarna biru. Sayangnya yang dijadikan frekuensi FM kesukaan hanya dibatasi 5 channel saja. Sisanya bisa di  save secara dinamis.

Salah satu keunggukan hape berbasis Android tentu saja berlimpahnya berbagai aplikasi menarik yang berhubungan  dengan jejaring sosial. Hal tersebut juga akan dirasakan para pengguna Acer Liquid Z2 Duo Z120. Untuk memenuhi kebutuhan itu Acer hanya menyediakan Facebook dan G+ sebagai aplikasi pre-installed. Sedangkan untuk chatting diberikan aplikasi Google Talk dan  G+ Messenger. Sedangkan apliasi internet lainnya, user harus mendownload dulu di Google Play Store.

Saat mengakses internet untuk bersosialisai di social media, atau sekedar browsing internet, begitu nyaman. Dengan jaringan dual on yang dimilikinya, user Iebih  leluasa memiliki koneksi selular yang akan digunakan untuk jelajah internet. Jika di jaringan pertama koneksinya sedang padat,  tinggal ganti ke jaringan kedua. Selain itu sebagai sarana koneksi data alternatif, terdapat koneksi Wi-Fi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar